20289

HARI INI 138
BULAN INI 20289
TAHUN INI 6064

Profil PPID Pelaksana

Publish Sabtu, 03 Agustus 2024

Dibaca 43 kali

PROFIL SINGKAT PPID

Keterbukaan Informasi Publik merupakan aspek yang penting dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan  negara transparan. Oleh karena itu adalah hak publik untuk memperoleh Informasi sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi juga relevan untuk meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan publik. Partisipasi masyarakat dapat terlaksana apabila adanya jaminan akan Keterbukaan Informasi Publik. Hal ini sesuai amanat Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Keberadaan Undang-undang tentang Keterbukaan Informasi Publik sangat penting sebagai landasan hukum yang berkaitan dengan (1) hak setiap Orang untuk memperoleh Informasi; (2) kewajiban Badan Publik menyediakan dan melayani permintaan Informasi secara cepat, tepat waktu, biaya ringan/proporsional, dan cara sederhana; (3) pengecualian bersifat ketat dan terbatas; (4) kewajiban Badan Publik untuk membenahi sistem dokumentasi dan pelayanan Informasi.

Atas dasar pemikiran tersebut dan mendasari Peraturan Daerah Sidaorjo Nomor 18 Tahun 2010 tentang Keterbukaan Informasi Publik, maka Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo menunjuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo.

Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) adalah pejabat yang bertanggung jawab di bidang penyimpanan, pendokumentasian, penyediaan, dan/atau pelayanan informasi di badan publik.

Susunan Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pelaksana Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo

NO

JABATAN DALAM DINAS

JABATAN DALAM PPID

1

Kepala Dinas Tenagakerja

Atasan PPID Pelaksana

2

Sekretaris Dinas Tenagakerja

Ketua PPID Pelaksana

3

Kepala Bidang Perencanaan Dan Penempatan Tenaga Kerja

Koordinator Pelayanan dan Pengelolaan Informasi

4

Kepala Bidang Hubungan Industrial

Koordinator Pengelolaan Pengaduan dan Penyelesaian Sengketa

5

Kepala Bidang Pelatihan Kerja Dan Produktivitas Tenaga Kerja

Koordinator Pengelolaan Data dan Dokumentasi Informasi

6

Kepala Sub Bagian Umum Dan Kepegawaian

PPID Pelaksana

7

Analis Keuangan Pusat Dan Daerah Ahli Muda

PPID Pelaksana

8

Pengelola Data Perencanaan

PPID Pelaksana

9

Mediator Hubungan Industrial

PPID Pelaksana

10

Pengantar Kerja

PPID Pelaksana

11

Pengolah Data

PPID Pelaksana

12

Analis Sumber Daya Manusia Aparatur

PPID Pelaksana


Tugas Pokok PPID Dinas Tenaga Kerja adalah sebagai berikut:
a.    Menyusun dan melaksanakan kebijakan penyelenggaraan pengelolaan dokumentasi dan informasi di Dinas Tenaga Kerja;
b.    Mendokumentasikan, mengklasifikasi, mengelola bahan-bahan informasi publik;
c.    Mengkoordinasikan dan mengonsolidasikan pengumpulan dokumentasi dan bahan informasi publik;
d.    Menyimpan, menyediakan dan memberi pelayanan informasi publik;
e.    Verifikasi dokumen informasi publik;
f.    Melakukan uji konsekuensi atas informasi publik yang dikecualikan
g.    Menyusun dan memutakhirkan daftar Iñformasi Publik;

Fungsi PPID Dinas Tenaga Kerja sebagai berikut:
a.    Menghimpun informasi publik pada Dinas Tenaga Kerja;
b.    Memfasilitasi penyelesaian sengketa informasi; dan
c.    Pelayanan informasi publik.

Dasar hukum dibentuknya PPID Pelaksana Disnaker Kabupaten Sidoarjo adalah:
  • UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi publik.
  • PERKI 1 Tahun 2021tentang Standar Layanan Informasi Publik.
  • PERKI 1 Tahun 2013 tentang Prosedur Penyelesaian Sengketa Informasi Publik
  • PERKI 1 Tahun 2017 tentang Pengklasifikasian Informasi Publik.
  • Perki 1 Tahun 2018 tentang Standar Layanan Informasi Publik Desa.
  • PERGUB Jatim Nomor 8 Tahun 2018 tentang PPID di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.
  • Keputusan Bupati No. 97 Tahub 2017 tentang PPID Kabupaten Sidoarjo.
  • PERBUP No. 98 Tahun 2018 tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo.


Alamat Kantor PPID Pelaksana Disnaker Sidoarjo:
Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sidoarjo
Jl. Raya Jati No. 4 Sidoarjo Kode Pos 61226
Nomor Telepon: (031) 8946664
Faks: (031) 8956827

Email: disnaker@sidoarjokab.go.id

Bagikan :

Loading...